MENGINSTAL RASA MALU DALAM KELUARGA

Radio JIC / October 17, 2017

Program Sakinah Corner Edisi Menginstal Rasa Malu

RADIOJIC – Rasa malu dalam kehidupan sebuah keluarga muslim adalah sebuah sifat yang wajib kita hadirkan. Rasa malu merupakan sebuah sifat dan akhlak pada jiwa kita dimana dengan adanya sifat dan akhlak akan mendorong kita untuk menjaga diri dari hal yang tidak baik. Kita simpulkan bahwa rasa malu merupakan alat rem untuk tidak berbuat buruk bagi diri kita maupun orang lain.

Karena begitu pentingnya rasa malu bagi seorang muslim, Rasulullah mengingatkan bahwa keimanan terdiri dari 60 lebih bagian. Keimanan bukan hanya seputar shalat, zakat, haji dan umrah, tetapi ada banyak keimanan, termasuk rasa malu yang merupakan bagian dari keimanan.

Rasa malu sebenarnya sudah dalam diri kita seiring dengan keimanan kita kepada Allah dan Rasulullah tinggal di upgrade saja. Namun ada juga yang disebut dengan al-muktajb, yaitu harus dicari rasa malu itu. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mencarinya? Jawabannya tentu dengan banyak belajar, banyak membaca, banyak mendengar tentang pentingnya rasa malu.

Ada apa dengan rasa malu? Dan apa akibatnya jika kita tidak memperhatikan rasa malu? Sungguh rasa malu adalah perkara yang tidak boleh kita ke sampingkan begitu saja karena ada akibat yang kita terima ketika kita kehilangan rasa malu, dan ini sangat merugikan kita. Rasulullah menjelaskan bahwa jika Allah ingin mencelakakan seorang hamba, maka akan Allah cabut rasa malu dari dirinya.

Rasulullah sebagai orang yang sudah dijamin masuk surga. Rasa malunya begitu besar yang ditunjukkan kepada sesama dan juga kepada Allah SWT. Rasa malu bukan hanya ada pada diri Rasulullah, tetapi rasa malu juga ada pada Allah SWT. Allah yang Maha Pencipta dan Maha memberi rizki juga mempunyai rasa malu. Rasulullah mengatakan “Sesungguhnya Allah Maha Hidup dan Maha Mulia, Allah malu jika seorang laki-laki dan perempuan mengangkat tangannya, dan Allah tidak mengabulkan doanya.

Semoga senantiasa kita hadirkan rasa malu dalam keluarga kita. Dan semoga Allah limpahkan rahmat-Nya kepada keluarga kita karena telah menghadirkan rasa malu dalam kehidupan keluarga kita.

Sumber : Program onair Radio JIC / Program Sakinah Corner

 

Related Post

Tags: , , ,



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *