BERSAHABAT KARENA CINTA KEPADA ALLAH

Radio JIC / January 4, 2018

Edisi Muslim Dengan Saudaranya

RADIOJIC РSeorang muslim yang memiliki sifat mulia maka rasa cintanya atau kebaikan kepada sahabatnya itu adalah sebuah kecintaan yang bersumber dari dalam qalbunya. Dimana kecintaan itu tidak dilandasi karena adanya hajat duniawi atau karena kebutuhan yang dia dapatkan karena pergaulannya. Muslim yang baik akan menyucikan dan memebrsihkan rasa  kasih dari sahabatnya dari segala penyakit dan hal yang merusak kesucian cintanya. Mengajarkan bahwa ikatan kasih sayang dan cinta seorang muslim terhadap sahabatnya adalah berlandaskan keimanan kepada Allah SWT dan rasul-Nya.

Allah mengatakan sesungguhnya orang yang beriman adalah bersaudara. Persaudaraan yang bisa mengekalkan seorang muslim dengan kawan-kawannya. Rasulullah memberikan gambaran kepada kita bahwa kemanisan atau kelezatan iman salah satu diantaranya adalah ketika seorang muslim mencintai kawannya yang dicintainya dengan landasan hanya karena Allah SWT bukan karena tujuan selain karena Allah SWT.

Ketika berhubungan dengan kawan kita sudah pasti ada kebutuhan yang bisa jadi hanya dia yang bisa menunaikannya. Yang paling dasar yang harus dipahami adalah hubungan yang berlandaskan karena Allah SWT.

Kecintaan seorang muslim kepada sahabatnya yang dilandasi kecintaan kepada Allah SWT memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan mulia dalam pandangan Islam. Pertama, dia akan mendapatkan naungan di saat tidak ada naungan yang lain selain naungan Allah SWT.

Orang yang bersahabat yang dilandasi karena cinta pada Allah, pertemuan dan perpisahannya pun karena Allah sehingga perpisahan yang demikian tidak akan saling mencaci dan menceritakan aib saudaranya, bahkan ia akan menutupi aib saudaranya.

Ternyata pada saat yaumul qiyamah orang yang saling mencintai karena Allah akan mendengar seruan yang sangat menentramkan dan mengagumkan. Dan mereka akan mendapatkan naungan dimana pada hari itu tidak ada naungan selain naungan dari Allah SWT. Kalau kita ingin mendapatkan cinta Allah maka salah satu caranya adalah kita mencintai saudara kita karena Allah SWT.

Sumber: Program onair Radio JIC / Program Addinu Nashihah

Related Post

Tags: , , ,



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *