MENATA MASA GAPAI MUHABBAH

Radio JIC / July 10, 2018

RADIOJIC – Waktu yang kita miliki perlu ditata dengan baik dan penuh kedisiplinan karena masa atau waktu senantiasa diingatkan oleh Allah yang telah menciptakan kita dan Rasulullah SAW mengingatkan bahwa ada dua nikmat dan dua kebahagiaan yang sering dilalaikan oleh manusia yaitu kesehatan dan waktu luang. Waktu luang berhubungan erat dengan waktu yang kita miliki sehingga para ulama mengatakan “Waktu adalah kehidupan itu sendiri” karena inilah kita ingin mengangkat tema untuk menggapai mahabbahnya.

Menata waktu dengan baik maka kita bisa yakini bahwa Mahabbah bisa kita raih, ketika Muhabbah Allah bisa diraih maka akan ada kesenangan yang kita dapat, bukan hanya kesenangan dunia tetapi juga kesenangan di akhirat.

Dalam pertemuan ini ada tiga point yang akan kita bahas, diantaranya:

Mengapa kita harus menata masa?

Menata waktu sangat perlu karena banyak waktu yang dilalaikan oleh manusia. Ada dua pandangan ulama bahwa ada persoalan yang dihadapi oleh manusia yaitu membuang qalbunya dan menyia-nyiakan waktunya. Menyiakan qalbu adalah mendahulukan dunia daripada akhirat kita. Contoh, ada acara menarik bagi kita dan dan pada saat acara ada panggilan Allah SWT yang dilantunkan oleh muadzin. Disini ada pertentangan di dalam qalbu kita apakah mengikuti keinginan kita atau mengikuti panggilan Allah.

Diantara bentuk menyia-nyiakan waktu adalah panjangnya angan-angan sambil berpangku tangan. Orang kaya dan miskin memiliki waktu yang sama, namun yang membuat mereka berbeda adalah cara menata waktu.

Waktu bagaikan pedang yang terhunus, sehingga kita harus menata waktu dengan baik karena jika tidak ia akan memenggal leher kita, dan penyesalan yang akan hadir bukan hanya di dunia tetapi akan sampai di akhirat. Menata masa dengan baik memiliki hakikat agar tidak terjadi kiamat yang menyesakkan bagi kita. saat kiamat (kematian) menghampiri sementara kita tidak menata masa dengan baik maka akan menjadi bencana bagi kita.

Sumber : Program onair Radio JIC / Program Addinu Nashihah

Related Post

Tags: , , ,



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *